Keamanan VS Kenyamanan

20.46.00

Yap kali ini saya akan mencoba menulis sesuatu yang berbeda dari tulisan saya yang lain di blog ini ._. Yaaa kalau bukan tugas sih juga kayaknya sangat absurd buat nulis ini, topiknya sih sederhana malah gampang kelihatannya. Tapi kalau dipikir-pikir saya gatau harus nulis apa, hiks maaf pak kalau nanti ngelantur :')

Oke well... topik bahasan pertama yaitu "Semakin Tidak Aman, Semakin Nyaman". Pasti kalian tiap hari berkutat dengan perabot elektronik kan? Pasti juga ga asing sama komputer, laptop, internet dan semacamnya? Pasti betah banget kan di depan komputer? Lalu pernah berpikir ga sih kalau apa yang kalian lakukan dengan komputer dan internet itu aman? Sebagian dari kalian, termasuk saya, pasti merasa fine-fine saja dengan apa yang kita lakukan, kita merasa senang, bahagia, bahkan happy kalau sudah berurusan dengan internet. Dan menurut kita semua yang kita lakukan itu aman-aman saja karena memang tidak terjadi sesuatu yang mencurigakan saat menggunakannya. Tapi ternyata ga gitu lho kenyataannya, saya juga baru tau, kalau ada timbal balik antara keamanan dan kenyamanan. Banyak seperti virus, spam, spyware yang sudah kita kenal, akan dengan perlahan menyerang sistem kita. Contohnya seperti hm (apa ya) biasanya kan banyak iklan ga jelas gitu di samping-samping web, nah itu ternyata juga bisa nyerang (katanya siapa) gatau sih ya, saya juga ngertinya begitu.
Lalu pernah kepikiran ga sih buat ngasih pengamanan biar sistem kita aman, yah memang katanya sangat sulit mencapai 100% aman (@zahidhdr). Mungkin kita mulai memagari sistem kita dengan beberapa anti virus. Insyaallah anti virus bisa mengatasi, namun juga tidak selamanya semua virus bisa lenyap dengan hanya anti virus. Bisa juga kalau sudah terserang banyak virus dan komputer kita jadi lola, mending di install ulang, diperbarui semua software komputer kita. Susah juga sih memang kalau harus begini, ribet gitu kan. Oya satu lagi sih, jangan ngelakuin hal macem-macem deh sama komputer kita, soalnya makin bahaya kalau kita ga berbuat baik sama dia (?). Makanya menurut saya sih lebih aman lagi kalau kita gausah internetan, kan aman damai sejahtera banget tuh ga diserang virus:p

Hm oke topik bahasan kedua yaitu quote dari Garfinkel & Spafford "A computer is secure if you can depend on it and its software behave as you expect"
Nah, satu ini saya agak bingung maksudnya. Komputer aman kalau kita tergantung padanya dan mereka akan berperilaku seperti yang kita harapkan, gitu? Ah apalah, mungkin kita harus melakukan sesuatu yang baik jangan memberi sesuatu yang berlebihan pada komputer kita maka dia akan berlaku seperti yang kita harapkan. Jadi jangan macem-macem gitu kan? Oke yaudah sih, komputer akan aman-aman saja kalau kita yang menggunakannya juga melakukan hal yang baik-baik saja.

Sip segini dulu, opini ngawur saya. Maaf kalau nyelentang, absurd, aneh, ga masuk akal banget. Saya sadar saya salah ._. ada yang lebih hebat dari saya hahahaha lupakan. Terimakasih :)

You Might Also Like

2 comments

  1. semakin tidak aman ko semakin nyaman? itu kalimatnya ada yang salah ya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ko, coba dibaca konteksnya hehe
      Btw thankyou for ur respon :)

      Hapus